Kamis, 28 Januari 2021

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama PCNU Kab Bogor Dikunjungi Dandim 0621 Guna Meningkatkan Sinergitas TNI dan Ormas Keagamaan



BOGOR,(BIN) - Komandan Distrik Militer (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor, Kolonel Inf Sukur Hermanto mengunjungi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), dalam rangka silahturahmi untuk meningkatkan sinergitas antara lembaga TNI dan Ormas keagamaan di Indonesia.
Bertempat di kantor PCNU Kabupaten Bogor Jl. Bina Citra / Kec.Cipayung No.5, Tengah, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.
Kamis, (28/01/2021).


Kolonel Inf Sukur Hermanto selaku Dandim (0621), bertemu langsung Ketua PCNU. KH. Aim Zainuddin beserta pengurus lainnya. Dalam kesempatan itu, Sukur menyebut bahwa, TNI akan meningkatkan sinergitas bersama dengan para ulama untuk menjaga Keamanan NKRI, yang pertama kita akan memperkuat kelembagaan masing-masing "TNI berperan sebagaimana layaknya TNI sebagai aparat keamanan Negara kemudian NU memerankan satu organisasi yang mewadahi umat tentang apa dan bagaimana khususnya disituasi diwilayah kita di kabupaten Bogor ini", ujarnya.

Lebih lanjut Sukur Hermanto menerangkan, NU secara kelembagaan saya yakin saudara - saudara dan para kyai NU tergabung juga dalam kelembagaan yang lainnya mungkin ada yang masuk dalam MUI, mungkin ada juga yang bergabung dalam pemerintahan, saya pikir peran - peran itu bisa di maksimalkan dalam bentuk organisasi, yang kemudian dimanifestasikan kedalam organisasi pemerintahan secara resmi sehingga mungkin ada keputusan - keputusan strategis yang bisa diambil atas dasar mungkin prakarsa atau peran serta NU sendiri secara umum, pungkas Komandan Distrik Militer (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor, Kolonel Inf Sukur Hermanto.

Ditempat yang sama Ketua PCNU. KH. Aim Zainuddin menjelaskan pada awak media, Tujuan utama pertemuan ini adalah penguatan komitmen sekaligus sinergitas antara NU dan TNI dalam hal ini mengawal NKRI dan berupaya mengikis radikalisme, dimana menurut NU saat ini yang sedang terjadi Nasionalisme kadarnya menurun maksudnya militansi terhadap NKRI menurun sementara intoleransi termasuk komitmen terhadap kenegaraan dan kebangsaan justru berkurang, karena hal itu kami mengundang pada Dandim untuk membicarakan beberapa hal yang strategis yang bisa menopang ikhtiar kita untuk mengikis yang tadi saya sampaikan, jelasnya.

Menurut KH. Aim Zainuddin, karena Bogor ini dari sisi geografis dan sosial sangat berpengaruh kepada suhu Nasional karena kita berdekatan dengan Jakarta ya, kalo Jakarta mau kita bikin panas kayaknya bisa ya dan kalo Jakarta mau di bikin adem juga bisa, itu saya kira dasar kita adakan pertemuan Dengan Pak Dandim ini, kami tidak punya keyakinan radikalisme di kabupaten Bogor secara khusus meningkat tetapi yang kami sampaikan secara Nasional, dimana di Kabupaten Bogor tren nya sama juga dengan tren Nasional bukan karena kultur warga Bogor kalo warga Bogor sebetulnya sangat toleran, sangking toleransinya maka semua kultur baru termasuk kultur intoleran bisa tumbuh di Bogor, ungkap Ketua PCNU. KH. Aim Zainuddin.(Ruli)



Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect