Jumat, 19 Februari 2021

Tantangan Calon Selain Petahana di PUM UIN SMH Banten





BANTEN,(BIN) - Munculnya beberapa figur dari jalur non incumbent/selain petahana dalam Pemilihan Umum Mahasiswa (PUM) UIN SMH Banten 2021memberi tantangan tersendiri bagi organisasi eksternal untuk selektif mengusung calon. Ini tidak lain karena organisasi eksternal lebih memilih calon populis disbanding calon ideologis. 23 Februari 2021

Hal ini disampaikan oleh Mufti Muzzammil mahasiswa jurusan HTN UIN SMH Banten kepada ? (19/02/2021) “Majunya beberapa calon di DEMA – U, DEMA – F, dan HMJ di PUM UIN Banten 2021 dari jalur non incumbent disambut positif sejumlah kalangan. Figur – figur Non Partisipan dan kritis ternyata lebih menggairahkan para pemilih. Mereka (mahasiswa) bosan dengan figur dari petahana yang ternyata minus kepemimpinan, visi, program dan integritasnya.

Mufti juga menambahkan, “Sebagai Universitas yang memiliki segudang tokoh yang punya visi, gagasan, dan integritas, harus berani tampil maju walaupun melalui jalur non incumbent, karena hal yang paling penting dalam sebuah demokrasi adalah penyampaian ide dan gagasan kepada masyarakat Universitas.”

Hampir semua kandidat calon ketua HMJ, DEMA-F atau DEMA –U yang di usung oleh yang mayoritas menduduki tahun lalu 'incumbent' harus membuat kondensus kesepakatan tanpa tertulis untuk membangun sebuah kaderisasi secara masif tanpa didasari secara integritasnya.

Dalam hal lain, Mufti juga menambahkan bahwa jaminan konstitusional tentang hak calon non incumbent dalam Pemilihan Umum Mahasiswa (PUM) penting dalam demokrasi Indonesia. Meskipun keberhasilan calon incumbent masih fifty-fifty 50%, calon non incumbent akan memaksa untuk merubah pola fikir masyarakat UIN SMH BANTEN. Paling tidak kini setiap kandidat yang maju dalam Pemilihan Umum Mahasiswa (PUM) tidak perlu terlihat secara kuantitas kader dan budaya budi politik kepada organisasi. Inilah peluang memutus rantai oligarki dan politik patronase secara linear di dalam kampus.(ARN/Red)



Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect