Rabu, 31 Maret 2021

Bupati Perintahkan Perangkat Daerah Implementasikan Semangat Membangun Satu Data Lewat SIPD




CIBINONG,(Berita-Indonesia.net) - Semangat untuk membangun satu data Indonesia telah diawali oleh pemerintah pusat dengan memberlakukan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Bupati Bogor Ade Yasin memerintahkan seluruh Perangkat Daerah (PD) yang ada di Kabupaten Bogor agar segera menata dan menyesuaikan kebijakan tersebut secara cepat dan tepat. Hal ini dikatakannya pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2022, yang dihadiri juga Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor di Gedung Serbaguna I Sekretariat Daerah, Rabu (31/3).


Ade Yasin menjelaskan, SIPD adalah satu kesatuan nasional yang menyinergikan seluruh tahapan pembangunan daerah, mulai dari perencanaan, penganggaran, penatausahaan sampai dengan pelaporan. Tanpa data dan informasi yang akurat, perencanaan pembangunan daerah akan sulit dan penetapan kebijakan pemerintah menjadi beresiko, antara lain, tidak terlibat dalam masalah, tidak efektif, tidak tepat sasaran, dan tidak mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya memerintahkan kepada seluruh PD yang ada di Kabupaten Bogor agar segera menata dan menyesuaikan kebijakan tersebut secara cepat dan tepat, meningkatkan produktifitas kerja berbasiskan teknologi, mengoptimalkan penggunaan SIPD agar dapat betul-betul bermanfaat,” tandas Ade Yasin.

Harapannya, lanjut Ade Yasin, dapat memberikan data yang akurat dan akuntabel yang diperlukan dalam perencanaan pembangunan serta dapat digunakan oleh pemangku kepentingan di tingkat pusat, masyarakat umum, dan dunia usaha.

“Semoga Musrenbang RKPD tahun 2022 berjalan sukses dan lancar serta dapat menghasilkan rumusan kegiatan yang dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan tercapainya target Pancakarsa, yakni Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Maju, Bogor Membangun dan Bogor Berkeadaban, demi terwujudnya visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban, ”ujarnya.

Musrenbang RKPD tahun 2022 dilakukan juga secara virtual, dihadiri oleh kepala lembaga dan instansi vertikal di Kabupaten Bogor, para kepala perangkat daerah se-Kabupaten Bogor, para Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bogor, Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, para ketua organisasi, himpunan, Asosiasi, lembaga, ikatan di wilayah Kabupaten Bogor, pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Bogor, pimpinan perusahaan di Kabupaten Bogor, pimpinan perusahaan di Kabupaten Bogor. (DISKOMINFO)




Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect