Sabtu, 20 Maret 2021

Rapat Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dan Sosialisasi PAUDQU Se Kecamatan Leuwisadeng




LEUWISADENG,(Berita-Indonesia.net) - Rapat Koordinasi Lembaga Pendidikan Al-Qur’an dan Sosialisasi PAUDQU ini selesai dilaksanakan dan dihadiri oleh para pimpinan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) yang berada di wilayah Leuwisadeng, Sopron, S.Pd.I (Ketua IGTKA Kec. Leuwisadeng) mengatakan acara ini diselenggarakan untuk memberikan penguatan para pengelola lembaga di wilayahnya agar lebih tangguh dan kompetitif. Aula Masjid SDIT Khoiru Ummah Leuwisadeng, 20 Maret 2021


Sementara Ustadz Ishaq, S.Pd.I selaku tuan rumah (SDIT Khoiru Ummah) mengucapkan rasa syukur bahwa rapat koordinasi dan sosialisasi PAUDQU ini dapat terlaksana dengan lancar, beliau berharap dengan selesainya acara ini bisa meningkatkan motivasi kepada seluruh pimpinan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPQ) khususnya di Kecamatan Leuwisadeng, disamping itu pelatihan-pelatihan manejerial maupun keguruan perlu diselenggarakan secara intens untuk memberikan jaminan pengelolaan yang lebih baik.

Sebagai narasumber pada acara ini adalah Bapak Mahfud Syarif, S.Pd.TK selaku pengurus IGTKA Kab. Bogor bagian kurikulum melalui paparan materinya, PAUDQU ini jenis satuan pendidikan keagamaan Islam formal jenjang anak usia dini yang diselenggarakan dengan syarat dan ketentuan yang telah tertuang pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI No. 91 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis penyelenggaraan pendidikan Al Qur’an, Didalamnya LPQ atau yang kita kenal Lembaga Pendidikan Qur’an ada lima lembaga, pertama, PAUDQU, kedua, TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an) Tiga, TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad), empat, RTQ (Rumah Tahfidz Qur’an) dan kelima, PPTQ (Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an).

Beliau mengatakan bahwa PAUDQU sama halnya dengan TKQ bertujuan khas untuk mengenalkan baca huruf Al-Qur’an, tulis huruf Al-Qur’an, tahfidz dan pengamalan kandungan Al-Qur’an melalui pembiasaan perilaku sehari-hari serta sebagai upaya pemberantasan buta huruf atau aksara Al-Qur’an. Selain itu setiap lembaga PAUDQU yang ingin terdaftar di Kemenag harus diasuh oleh para pendidik berlatar pendidikan strata satu dan untuk lembaga harus berdiri diatas tanah yang bebas dari sengketa serta untuk operasionalnya akan mendapatkan bantuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pungkasnya.




Reporter : (Ari)


Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect