Sabtu, 13 November 2021

Ilegal Mining, Tokoh Hokatutobu Minta Kementrian Turun Tangan



SULAWESI TENGGARA,Berita-Indonesia.id - Saat ini, ketika lahan perkebunan dan sungai bila telah rusak akibat aktivitas tambang. Maka Sungai dan perkebunan, yang dulunya menjadi sumber penghidupan masyarakat telah berubah menjadi kubangan yang tidak memiliki manfaat, melainkan area yang berbahaya.

Penambangan dan Energi merupakan sektor pembangunan penting di Indonesia, namun hal ini membuat merana bagi warga 
Desa Hakatutobu Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara. 


Haji Burman turut perihatin dengan desanya yaitu Desa Hakatutobu Beliau mengatakan"di wilayah kami terutama di pesisir, yaitu masyarakat nelayan seperti tambak ikan kerapu, sunu, dan kerang. Hal ini efek Dari penambangan di desa hakatutobu Di bagian Hulu menjadi tercemar dan kehilangan penghasilan". Ungkap Haji Burman tokoh Hukatutobu 13/11/21

Selain itu ada juga dari kelompok Tani tunas Harapan dan tunas Lestari Yg berjumlah -+ 100 orang, mereka terancam kehilangan lahan perkebunan nya seluas 132 Ha, dan bagian Hilir kebun warga transmigrasi berjumlah +- 200 KK terancam juga". Ungkap Haji Burman kepada Awak media via WA 13/11/21


Lanjut H Burman "Di garis Pantai para nelayan bajoe tercemar lautnya, efek dari aktifitas illegal mining.
Seperti PT. Dharma Rosadi internasional Afiliasi PT. Suria Lintas Gemilang, dan menurut kami RKAB 2021 Dan Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH)Belom terbit.

Selain itu Perusahan tambang lainnya Ikut Turut menyumbang pengrusakan alam, baik lingkungan, pencemaran air sungai, pencemaran laut. 

Tentu saja hal ini butuh perhatian dari instansi terkait untuk menangani problematika yg sudah mengakar sampe saat ini. 

Saya selaku Tokoh Hokatutobu meminta kepada Pemerintah pusat. Dalam hal ini kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), agar mau turun ke daerah sebelum mengeluarkan perijinan, bagaimana kondisi masyarakat di lingkar tambang. dan kepada kementrian lingkungan hidup dan kehutanan (KLHK).

Tanpa Ada kajian kementrian dengan mudah terbitkan IPPKH sehingga efek lingkungan masyarakat disekitar lingkar tambang tersebut. Menurut kami Jelas masyarakat dirugikan Dalam persoalan permasalahan ini. Ungkapnya.



Reporter: ( AR )

Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect