Minggu, 12 Desember 2021

Danrem 061/Sk Tinjau Dua Jembatan Rawayan di Kab Bogor, Ini Pesannya Untuk Warga Setempat



BOGOR, Berita-Indonesia.id - Untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga masyarakat kelurahan Sukahati dan Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong Kab Bogor, maka Pemkab Bogor berkolaborasi dengan Korem 061/SK membangun jembatan Rawayan (jembatan gantung) sarana penghubung antara Cibinong dan Bojong gede, serta Cibinong dengan Cilebut. Keterangan tersebut disampaikan oleh Danrem 061/Suryakancana Brigjen TNI Achmad Fauzi S.I.P., M.M., saat meninjau hasil pembangunan jembatan rawayan, Minggu (12/12).

Danrem juga memberikan arahan kepada Babinsa agar mensosialisasikan kepada warga masyarakat terkait keberadaan jembatan rawayan tersebut, yang mana warga masyarakat yang tinggal di sekitar jembatan tersebut untuk sama-sama menjaga jembatan agar tidak merusak dan jangan sampai ada yang merusak. Dan juga agar sama-sama saling menjaga.


Jembatan gantung Rawayan Babakan yang berada di RT 07/05 Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong memiliki panjang yaitu 47meter dan juga jembatan rawayan yang berada di jl melati raya kampung Kedung Curug RT 001/03 Kelurahan Sukahati Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor memiliki panjang 25 meter dibangun sebagai sarana warga masyarakat untuk mobilisasi, yang artinya jembatan gantung tersebut dibangun untuk mempermudah warga masyarakat sekitar dalam beraktivitas, yang mana itu merupakan satu-satunya akses tercepat menuju jalan utama.

"Sebelumnya jembatan penghubung di sini terbuat dari bambu akan tetapi setiap kali musim penghujan jembatan tersebut seringkali menjadi rusak bahkan sampai hanyut yang diakibatkan oleh luapan air sungai. Dan sekarang jembatan rawayan ini sudah kembali dibangun dengan menggunakan baja yang diperkirakan dapat bertahan hingga lebih dari 10 tahun itupun jika warga masyarakat mau sama-sama menjaga dan merawatnya, jangan sampai jembatan ini dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab." Ujar Danrem.


Selain untuk meningkatkan perekonomian warga masyarakat sekitar dan juga untuk akses utama  warga masyarakat dalam beraktivitas di keseharian misalnya anak-anak pulang pergi ke sekolah, yang akan ke kantor dan lain sebagainya, pembangunan jalan tersebut juga untuk penghubung tali silaturahmi, mungkin warga di wilayah Karadenan memiliki keluarga atau saudara yang berada di wilayah Cilebut yang seharusnya dapat sering berkomunikasi yang memang jaraknya tidak begitu jauh namun dikarenakan jembatannya rusak maka tali silaturahmi bisa saja terputus dan sekarang setelah adanya jembatan ini tali silaturahmi pun akan kembali terjalin dengan baik.

“Saya berharap kedepannya agar jembatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan kegiatan produktif di masyarakat, dapat  mengefisiensikan waktu ataupun dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitar serta menciptakan sentra ekonomi baru.
sehingga dampaknya bisa betul-betul dirasakan oleh rakyat,” pungkasnya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Ali warga masyarakat setempat yang merasa sangat terbantu dengan adanya jembatan rawayan, di mana selama ini setelah jembatan yang sebelumnya hanyut terbawa arus sungai maka warga masyarakat harus menempuh jarak sekitar 6 km jika ingin ke ke wilayah seberang kali oleh karena itu dengan adanya jembatan rawayan maka aktivitas warga masyarakat sangat terbantu, terlebih warga sekitar memang sangat mengandalkan jembatan tersebut.

Hal serupa disampaikan oleh RW di kelurahan sukahati, ia mengucapkan terima kasih kepada danrem 061 suryakancana atas perhatiannya kepada warga masyarakat di wilayahnya yang telah memugar/ membangun kembali jembatan penyeberangan rawayan suka hati.

Usai meninjau jembatan Rawayan, Danrem didampingi oleh Kasiren 061/Sk,  Danramil Cibinong, serta Seklur, RW dan RT setempat, tetap menyempatkan untuk memberikan santunan untuk anak yatim-piatu yang tinggal di wilayah setempat.




Sumber: Penrem 061/Sk

Editor: ( Red )

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect