Senin, 20 Desember 2021

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial (HKSN) Kabupaten Bogor Tahun 2021



BOGOR, Berita-Indonesia.id - Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) adalah hari spesial yang diperingati oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia setiap tanggal 20 Desember,dan telah menjadi sebuah momentum penting dalam meningkatkan semangat kepedulian, berbagi dan toleransi ditengah fenomena sosial yang berlangsung dewasa ini.

Dalam hal ini Kabupaten Bogor ikut andil memperingati HKSN Tahun 2021 dengan mengusung Tema *"Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera untuk Kabupaten Bogor Maju, Nyaman dan Berkeadaban" yang dilaksanakan pada tanggal 18, 19 dan 20 Desember 2021 di Desa Sukawangi Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor.


Bapak Irfan Darajat, S.E, selaku ketua Karang Taruna Kabupaten Bogor sekaligus ketua panitia pelaksana Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN),menyampaikan bahwa kegiatan peringatan HKSN ini merupakan inisiasi dan partisipatif seluruh unsur PSKS Kabupaten Bogor yang meliputi kegiatan diantaranya penghijauan, pelatihan & pembinaan kewirausahaan.

Sementara Forum Silaturahmi Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) merupakan salah satu unsur dari Forum PSKS Dinas Sosial Kabupaten Bogor,ikut serta berkontribusi dalam menyukseskan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021, dengan cara menggalang rasa kesetiakawanan sosial dari seluruh SDM PKH dalam wujud penyaluran bantuan renovasi infrastruktur 3 buah masjid & 2 buah majlis ta'lim, bantuan modal usaha kepada 20 KPM PKH yang sedang melaksanakan usaha kecil, memberikan pelatihan kewirausahaan, bantuan modal usaha bagi karang taruna Desa Sukawangi dan turut serta mendirikan posko dapur umum sebagaimana yang diutarakan oleh Ketua Forum, Bapak H. Maman Suparman, S.Ag, M.Pd.I, disela-sela kesibukannya di lokasi.


Adapun nama puncak acaranya adalah Apel Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dilaksanakan di Lapangan Desa Sukawangi,Senin 20 Desember 2021 dihadiri oleh ibu Hj. Ade Yasin, S.H, M.H, selaku Bupati Bogor, Bapak Beben Suhendar, S.H, M.M, selaku anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Dapil II, Aparatur Muspika Kecamatan Sukamakmur, Kades Sukawangi selaku tuan rumah acara, SDM PKH, IPSM, Karang Taruna, LK3, TAGANA, TKSK, SLRT, TRC, MUI, Kepolisian Republik Indonesia, TNI, Pramuka, Pol PP, Ormas, LSM, Wartawan dan Masyarakat luas lainnya.


Pada puncak acara ini ibu Hj. Ade Yasin, S.H, M.H, didalam sambutannya mengatakan"saya bangga sekali dan berterima kasih atas kerja sama kolaboratif semua elemen PSKS, Pramuka, & CSR yang telah mendukung kegiatan ini. Kerja kita masih banyak, sepanjang ada warga berkebutuhan khusus kita akan mendampingi mereka. Karena penting bagi kita untuk menumbuh kembangkan kepedulian akan kerawanan sosial, kesenjangan sosial maupun kemiskinan. Maka diperlukan kita kolaborasi dana daerah dan CSR untuk masyarakat Kabupaten Bogor, baik itu berupa penyaluran program beras, gerai vaksin, trauma healing, santunan yatim dan sebagainya. Semoga ini bisa terus berlanjut dan berkesinambungan, terutama di masa pandemi"Tutur Ibu Ade Yasin. Dan saat ini masyarakat Kabupaten Bogor yang telah di vaksin mencapai angka 60 persen. 

Pada kegiatan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ini, Bupati Bogor juga menyerahkan secara simbolis berbagai bantuan diantaranya bantuan RTLH, bantuan sarana MCK, pemberian penghargaan kepada Purna Tugas TKSK Kec. Leuwiliang, santunan kepada kaum dhuafa, sembako sebanyak 300 paket, kursi roda bagi lansia, santunan anak yatim akibat Covid-19, lumbung sosial posko bencana Sukamakmur, bantuan kewirausahaan KUBE, bantuan ekonomi produktif, bantuan bibit alpukat dan beras yang diterima secara simbolis oleh Kepala Desa Sukawangi.

Pada kegiatan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ini juga dilakukan simulasi penanganan korban bencana alam oleh Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Dinas Sosial Kabupaten Bogor.



Reporter : (Ari)

Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect