Minggu, 20 Februari 2022

Lestarikan Budaya Kain Iyamasih Khas Dayak Embaloh Anggota Satgas Yonif 144/JY di Perbatasan



BADAU, Berita-Indonesia.id - Anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 144/JY lestarikan budaya kain iyamasih khas Dayak Embaloh desa Badau kecamatan Badau Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar.

Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Letkol Inf Andri Suratman dalam keterangan tertulisnya di Pos Kotis Minggu (20/02/2022).

Kita sebagai masyarakat Indonesia pasti nya tahu bahwa negara kita memiliki segudang macam budaya dengan berbagai ciri khas dan karakteristik masing-masing, seperti yang dilakukan oleh anggota Satgas dalam ikut melestarikan budaya kain iyamasih khas Dayak Embaloh bersama warga di Perbatasan.

Kerajinan tangan kain iyamasih Embaloh ini harus dilestarikan meskipun dengan kemajuan teknologi yang modern sekarang ini", ucapannya.

Dikatakannya ibu Ema Suhaimi", Kerajinan kain iyamasih,baju manik,tanggok ini di gunakan untuk acara adat Dayak Embaloh, maupun acara hari besar yang dilakukan oleh masyarakat Dayak Embaloh,serta terimakasih banyak atas bapak satgas yang telah ikut serta melestarikan budaya adat kami sehingga anak cucu kedepannya bisa mengetahui bahwa budaya ini jangan sampai hilang", pungkasnya.

Serda Rizki Hidayat beserta dua rekannya", Kerajinan kain iyamasih khas Dayak Embaloh ini memang unik dan menarik serta banyak motif khas Dayak Kalimantan, harapannya kerajinan tangan ini harus dilestarikan dan di jaga agar tidak hilang karena perkembangan zaman modern sekarang ini", imbuhnya.

",Tak dapat di pungkiri bahwa keberadaan negara Indonesia sendiri, menghasilkan keragaman mulai dari Ras, budaya,suku hingga bahasa, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan selalu mengedepankan protokol kesehatan.




Sumber: (Pen Yonif 144/JY)

Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect