Rabu, 02 Maret 2022

Gabungan Satlantas Polres Raja Ampat dan LLAJ Perhubungan Darat Sosialisasi Over Loading Dipasar Waisai



PAPUA BARAT, Berita-Indonesia.id - Kasat Lantas Polres Raja Ampat, IPTU Ofel Tunay didampingi oleh sejumlah Polisi lalu lintas dan LLAJ Perhubungan Darat, sejumlah satuan polisi lalu lintas Polres Raja Ampat, dan LLAJ Perhubungan Darat, dipimpin oleh Kasat Lantas ( IPTU Ofel Tunay) dan Kabid Darat LLAJ Perhubungan Darat (Fajri Tamima). Mendatangi pemilik kendaraan truk para pengusaha angkutan barang, dan mengumpulkan para drivernya di pasar Waisai guna memberi sosialisasi tentang bahaya yang ditimbulkan akibat kendaraan yang Over Dimension serta Over Loading (ODOL). Rabu (02/03/22).


Kasat Lantas juga menghimbau kepada pemilik kendaraan serta driver untuk mengangkut barang bawaan sesuai dengan standar yang telah ditentukan dan juga tidak merubah bentuk kendaraan tersebut. Hal tersebut di sampaikan saat sosialisasi sekaligus mengundang para Driver rapat bersama, dalam acara atau kegiatan yang di maksudkan pada hari jumat Tanggal 4 Maret 2022 dengan tempat disesuaikan.

“Kami dari Satlantas Polres Raja Ampat menghimbau kepada pemilik mobil untuk tidak merubah bentuk yang tujuannya untuk menambah muatan karena tentunya mengakibatkan kecelakaan," Ucap Ofel.

Kasat Lantas Polres Raja Ampat menjelaskan bahwa," kegiatan sosialisasi atau himbauan yang dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) dan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah Hukum Polres Raja Ampat, dan saya tahu bapak-bapak mempertaruhkan nyawa di atas BAN demi anak istri, untuk itu saya berharap semua bisa hadir dan bisa sama-sama mencari solusi, kesempatan dalam rangka apa dan tujuan yang nanti akan di selenggarakan nanti," Tutur Ofel. 

Ditambahkan oleh Kabid Darat LLAJ Perhubungan Darat Fajri Tamima, pihaknya mengaku memberikan himbauan kepada seluruh pengusaha angkutan truk besar dan pengusaha lain serta para supir kendaraan besar.

Hal ini dikarenakan selama ini Truk Odol dianggap sering menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas serta membahayakan pengendara lain dan juga memicu kerusakan jalan raya. Sebagaimana dalam muatan tersebut jangan memaksa sehingga jangan sampai memicu kecelakaan, "Jelas Tamima. Dikatakannya dilakukan agar tetap pada ukuran dan aturan sesuai dengan Speknya sehingga tidak melanggar Pasal 277 UU No 22 Thn 2009.

“Sosialisasi dan himbauan ini kami maksudkan di pasar sini agar mempermudah bapak-bapak bisa kasih kabar kepada rekan-rekan yang lain. Dan apa yang di sampaikan oleh Kasat Lantas tolong di ingat dan pada hari jumat hadir di tempat tersebut. Setelah sosialisasi ini kedepan kami akan melaksanakan penindakan terhadap truk yang Over Dimensi dan Over Load sehingga dengan tindakan ini para pengusaha angkutan truk dan truk pribadi untuk selalu mengikuti aturan dan Undang-undang Lalu Lintas yang ada," Tutup Fajri Tamima Kabid Darat LLAJ Perhubungan Darat.



Reporter: (Nikolas Umpain)

Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect