Selasa, 26 April 2022

Menjelang Hari Idul Fitri 1443 H/2022 Polres Raja Ampat Gelar OPS Ketupat Mansinam 2022



POLRES RAJA AMPAT, Berita-Indonesia.id - Polda Papua barat menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Mansinam 2022, Kapolres Raja Ampat AKBP Andy Prihastomo SH.SIK.MH mengingatkan, operasi ini selain fokus pada pengamanan mudik, juga penertiban penyakit masyarakat (pekat) .
Rabu (27/04/2022).

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam arahannya melalui Kapolres Raja Ampat mengatakan bahwa, " Untuk melaksanakan apel gelar pasukan Operasi ketupat 2022, kepada seluruh jajarannya bahwa untuk meningkatkan serta wujudkan arahan dari Kapolri, " Tutur Listyo. Maka selama 12 hari diselenggarakan operasi ketupat secara serentak di seluruh jajaran Polri dengan Tema " Apel gelar pasukan operasi ketupat 2022 ".
Adapun juga wujud sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022.


Selanjutnya dirinya menjelaskan bahwa, "pada tahun ini sinergitas antara TNI - Polri bersama pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat Untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan. Namun seperti biasa tetap menjaga protokol kesehatan, agar kenyamanan diri kita akan terjamin dari kenyamanan orang lain juga," Jelas Andy.

Kemudian juga ada kebijaksanaan dan kebijakan oleh pemerintah, masyarakat akan melaksanakan mobilitas perjalanan selama lebaran. Sesuai bukti hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat pada umumnya.
Pergerakan masyarakat ini terutama terkonsentrasi di wilayah pulau Jawa dan Bali. Modal transportasi lebaran didominasi oleh jalur darat dengan menggunakan (kendaraan pribadi 47%, kendaraan umum 31%), jalur udara 10%, kereta api 10%, jalur laut 2%, dan lain-lainnya 0,11%.

Phaknya mengatakan, pandemi Covid 19 saat ini sudah terkendali, tingkat penularan berada di bawah 1, dengan Positify Rate dan BOR Rumah Sakit berada di bawah standart WHO. Namun masyarakat harus tetap waspada karena pandemi belum sepenuhnya selesai. Ada kebijakan dan ada muatan-muatan aturan oleh pemerintah, namun kita semua harus waspada dan berhati-hati dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid 19, maka diperlukan langkah-langkah sinergis dengan Stake Holder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H/tahun 2022.

Kita harus menyiapkan masyarakat agar aman dari penularan Covid 19 dengan terus menggelar kegiatan vaksinasi untuk mengejar target pada 30 April 2022, khususnya wilayah Jawa dan Bali mencapai 100% untuk dosis 2, Booster 30% dan Lansia 70% disertai dengan berbagai upaya pencegahan untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari bahaya pandemi Covid 19.
Polri dengan dukungan dari TNI, pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan operasi ketupat 2022, yang dilaksanakan fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA dan bandara.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personil pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personil Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personil yang berasal dari instansi terkait antara lain satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan Instansi lainnya. Kekuatan personil tersebut akan ditempatkan pada 1.710 pos pengamanan dan 734 pos pelayanan serta 258 pos terpadu.


Sumber : Humas polres Raja Ampat.

Reporter: (Niko um)

Editor: Red

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect