Rabu, 22 Juni 2022

Demo Asusila Yang Dilakukan Lurah Bejat Tunggangin Anak Tirinya



CILACAP, Berita-Indonesia.id - Ratusan warga yang menamakan diri sebagai Forum Komunikasi Peduli Desa Binangun melakukan aksi unjuk rasa di alun-alun Cilacap, Mereka meminta kepada Bupati Cilacap untuk memberhentikan dengan tidak hormat Kepala Desa Binangun Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap yang bernama Waluyo secara tidak hormat, karena telah melakukan pencabulan terhadap anak tirinya sendiri yang masih di bawah umur. Rabu (22/06/2022).

Dalam orasinya, warga desa Binangun menyatakan rasa malu dan mencoreng nama baik desanya, perilaku Kepala Desa yang tidak terpuji tersebut. Mereka mengklaim punya hak demokratis menurunkan Kepala Desa dari Jabatannya sebab dulu mereka pula yang memilih. Setelah melakukan Orasi beberapa saat, beberapa perwakilan dari warga diterima di Ruang Rapat Jalabhumi Setda Cilacap, untuk beraudiensi dengan sejumlah Pejabat Setkab Cilacap.


Usai audiensi Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Cilacap Dian Setyabudi menyebut ada beberapa poin aduan warga. Selanjutnya Bupati akan menugaskan Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan. Sesuai Perda No 5 Tahun 2015 yang sudah diubah dengan Perda No 9 Tahun 2017 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa,” lanjut Dian.

Di sana disebutkan bahwa apabila ada dugaan pelanggaran terhadap larangan yang dilakukan oleh Kepala Desa, maka Bupati supaya menugaskan Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan sebelum mengambil langkah lanjutan. Langkah-langkah itu bisa berupa teguran, pemberhentian sementara, atau pemberhentian. Akan tetapi Bupati harus mempunyai landasan yang kuat karena ini menyangkut jabatan seseorang, tidak bisa serta merta hanya berdasarkan usulan warga masyarakat,” tegas Dian.

Inspektor lalu akan membentuk tim litsus (penyelidikan khusus) terhadap Kades Binangun untuk menanggapi laporan yang disampaikan oleh warga. Dian memastikan pemeriksaan akan dilakukan secepatnya karena laporan pelecehan seksual juga sudah masuk ke kepolisian.
“Kita juga akan crosscheck ke kepolisian. Termasuk soal proyek pribadi Kades yang tidak berizin juga katanya sudah dimediasi kepolisian. Nanti juga akan di-crosscheck,” Tutur Dian.

Ditempat terpisah orangtua wali korban menyampaikan ke media ini " memohon kepada Bupati Cilacap untuk segera memecat Waluyo tanpa hormat dan meminta Kapolres Cilacap mempercepat kasus laporan yang sudah dilaporkan atas nama Waluyo diproses dan di adili sesuai hukum yang berlaku, dan jika bisa dikebirikan, karena kelakuan yang tidak terpuji tersebut mencoreng nama baik keluarga begitu juga desanya sendiri.

Sebelum selesai aksinya perwakilan Forum Komunikasi Peduli Desa Binangun, merasa kecewa kepada Bupati Cilacap pasalnya Bupati tidak menemui para pendemo. Dan memberi mengingatkan kami akan kembali demo lebih besar lagi dalam waktu 7 hari jika tuntutan warga tidak di indahkan. Ungkapnya dan sekalian membubarkan diri dan kembali kedesanya. 


Reporter: Nover

Editor: (Red)

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect