Kamis, 07 Juli 2022

Ketua DPR RI Puan Maharani Resmikan Embung Sumingkir



CILACAP, Berita-Indonesia.id - Ketua DPR RI DR.( HC) Puan Maharani meresmikan Embung Sumingkir yang berlokasi di desa Sumingkir kecamatan Jeruklegi Cilacap. Embung merupakan
permukaan tanah yang lebih rendah dari daratan sekitarnya sebagai penampungan air hujan dan aliran permukaan yang memiliki banyak fungsi, diantaranya untuk menampung air sementara dan akan dialiri ke irigasi di saat musim kemarau. Rabu sore (6/07/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Ir. Diana Kusumastuti MT, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos, Dandim 0703/ Cilacap Letkol lnf. Andi Afandi, S.l.P, Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro S.I.K, M.H, Sekda Kab. Cilacap Awaluddin Muuri, AP., M.M, Kajari Cilacap Sunarko, SH., MH, Wakil Ketua DPRD Kab. Cilacap Purwati, S. Pd, Kepala BBWS Serayu Opak Ir. Dwi Purwantoro, S.T, M.T, unsur Forkopincam Jeruklegi dan warga masyarakat setempat.


Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani antara lain Wakil Ketua MPR RI Dr. Ahmad Basarah, Ketua Komisi III DPR RI Ir. Bambang Wuryanto, M.B.A, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, S.Sos., M.Si, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, Anggota Komisi VI DPR RI dr. H. Mufti Aimah Nurul Anam dan Anggota Komisi VIII DPR RI My Esti Wijayati.

Peresmian Embung Sumingkir ditandai penekanan tombol bel dan penandatanganan prasasti oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.
Pada kesempatan itu Puan Maharani menyampaikan, saat ini yang namanya krisis pangan sudah menjadi masalah global dan kita harus memastikan Indonesia tidak terseret persoalan krisis pangan dunia, maka kita harus bergotong-royong memastikan bahwa Indonesia akan bisa tetap berdaulat secara pangan, salah satunya adalah dengan segenap daya memperkuat sektor pertanian.

" Embung ini akan sangat bermanfaat sekali kalau bisa dibuat bukan hanya di Sumingkir saja tapi juga di seluruh Indonesia di tempat - tempat pertanian, manfaatnya itu luar biasa bagi masyarakat sekitarnya dan tentu saja bermanfaat untuk ketahanan pangan atau kedaulatan pangan di Indonesia, itulah mengapa kemudian Embung Sumingkir ini menjadi sangat penting di wilayah ini di wilayah Cilacap ini karena dengan adanya Embung maka suplay irigasi yang dibutuhkan akan menguatkan sektor pertanian kita apalagi di desa Sumingkir yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani dengan satu kali panen dalam setahun, sekarang bisa bertambah menjadi tiga kali panen dalam setahun," Tutur Puan Maharani.


Reporter: Nover

Editor: (Red)

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect