Breaking News

Muhammadiyah Purbalingga Gelar Salat Idul Fitri di Alun-Alun, Berjalan Dengan Tertib


Purbalingga kabar.onenews-- Ribuan warga Muhammadiyah di Kabupaten Purbalingga mengikuti Salat Idul Fitri 1444 H di alun-alun setempat, Jumat (21/4/2023) pagi. Salat dipimpin oleh imam Sudirman S Kom I dan khatib Drs H Fauzan Anwar M MPd.

“Kita umat Muhammadiyah merayakan Idul Fitri hari ini. Walaupun ada perbedaan dalam merayakannnya tidak perlu dijadikan perdebatan. Perbedaan adalah rahmat,” kata Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Purbalingga Ali Sudarmo, sebelum pelaksanaan salat.

Disampaikan selain di alun-alun, warga Muhammadiyah Purbalingga juga menggelar salat Id di 63 lokasi yang lain yang tersebar di seluruh wilayah. Ali menyampaikan perbedaan dalam penentuan Idulfiri, bukan halangan untuk beribadah.
 
Seperti diketahui Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1444 H pada Jumat ini. Hal itu telah disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Yogyakarta, Selasa (18/4/2023). Sementara pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444 H pada Sabtu, 22 April 2023, berdasarkan hasil sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (20/4/2023).

Salat Id di alun-alun yang diikuti warga Muhammadiyah Purbalingga dimulai pukul 06.30 WIB dan selesai pukul 07.30 WIB. Fauzan Anwar saat menyampaikan khutbah Idul Fitri menyampaikan agar momentum Idul Fitri bisa menjadi momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Kami bersyukur karena pelaksanaan Salat Id yang digelar di alun-alun Purbalingga berjalan lancar. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemkab dan bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) yang memberikan izin bagi warga Muhammadiyah melaksanakan Salat Id di alun-alun,” kata panitia Salat Id, Slamet Widodo.

Pewarta : Nur s

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close