Breaking News

Peringati Hari Juang TNI AD ke-78, Kasad Tekankan Netralitas TNI

BANYUMAS, Berita-Indonesia.id - Memperingati Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 071/Wijatakusuma Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han. selaku Irup memperingati Hari Juang TNI AD Ke-78 Makorem 071/Wijayakusuma, menegaskan kepada segenap prajurit dan PNS TNI AD serta keluarga besarnya untuk selalu memegang teguh komitmen Netralitas TNI. Bertempat di Lapangan Upacara Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. Jumat (15/12/2023). 

Hal itu, ditegaskannya terkait akan dilaksanakannya Pemilu di Tahun 2024 mendatang. Kasad mengatakan bahwa, 
"Menghadapi tahun politik, harus belajar dari pengalaman sebelumnya, situasi ditahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang disebabkan perbedaan-perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi kelompok-kelompok radikal dan intoleran", Tutur Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc.

Untuk menghadapi itu, Kasad meminta agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kerawanan yang mungkin terjadi dilingkungan masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI, Tegasnya. 

Terkait dengan memperingati Hari Juang TNI AD, Kasad menerangkan, Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia. "Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberaniannya memimpin pasukan di pertempuran Ambarawa, meski dalam kondisi sakit tidak pernah menyerah dan terus memimpin pasukan", Ungkapnya.

"Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua", Terangnya.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menjelaskan, Dengan mengusung tema TNI bersama rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI, peringatan Hari Juang TNI AD yang Ke-78 Tahun 2023 ini mempunyai makna mendalam yakni TNI AD harus terus memperkuat kemanunggalan dengan rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam pelestarian alam, Jelasnya. 

"Kemanunggalan TNI AD dengan rakyat, kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai macam tantangan. Di era globalisasi ini, kita menghadapi berbagai macam tantangan seperti perang asimetris, perubahan iklim dan potensi konflik sosial", Ujarnya.

Dikatakan, untuk menghadapi itu, TNI AD harus meningkatkan kemampuannya baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin. "Peningkatan kemampuan diperlukan untuk menghadapi berbagai macam ancaman yang semakin kompleks, dan selain itu kita harus berperan aktif dalam pelestarian alam yang juga sebagai tanggung jawab bersama termasuk TNI AD", Terangnya.

Upacara memperingati Hari Juang TNI AD Ke-78 Tahun 2023 Makorem 071/Wijayakusuma diikuti segenap prajurit dan PNS TNI AD baik Makorem 071/Wijayakusuma maupun Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma. Usai digelarnya upacara, dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Danrem 071/Wijayakusuma kepada prajurit termuda Makorem 071/Wijayakusuma dan penyerahan 1 (satu) unit kendaraan roda tiga dari Danrem 071/Wijayakusuma kepada Dankimarem 071/Wijayakusuma, Tutupnya.

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close