Breaking News

Pernyataan Sikap Cipayung Kota Bogor Dengan Tema "Doa Untuk Negeri Atas Matinya Demokrasi"

KOTA BOGOR, Berita-Indonesia.id - Demokrasi adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia akan segera melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sikap dan pernyataan Presiden Joko Widodo menimbulkan kontroversi yang luar biasa ditengah pesta rakyat hari ini. Pasalnya Joko Widodo menegaskan bahwa hak tentang kampanye yang dilkakukan oleh Presiden dan Wakil Presiden termaktub dalam UU nomor 7 Tahun 2017 pasal 299 tentang pemilu.

Perlu kita sikapi bahwa hal yang dilakukan oleh Joko Widodo telah bertentangan dan melanggar TAP MPR no.4/MPR/2001 tentamg etika kehidupan berbangsa. Sejatinya sebagai Presiden Republik Indonesia dan sebagai panglima hukum di negri ini, tidak pantas bagi seorang Presiden menodai demokrasi ini dengan berpihak apalagi berkampanye untuk salah satu paslon, Presiden haruslah menjalankan nilai-nilai yang termaktub dalam UUD dan TAP MPR tersebut, dan tidak menggunakan salah satu Undang-Undang untuk membenarkan seluruh sikapnya. Karena sikap Presiden Jokowi berpotensi besar akan adanya penyalahgunaan kekuasaan yang terjadi di negara, dan menodai demokrrasi yang seharusnya menjunjung tinggi asas LUBER DAN JURDIL. pelaksanaan Pemilu 2024 haruslah menjadi momentum menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang berasaskan Pemilu Luber (Langsung, Umum, Bersih) dan Jurdil (Jujur, dan Adil). 

Oleh karena itu, "Kami dari kelompok Cipayung Kota Bogor mengingatkan Presiden Jokowi, ASN, Pejabat Publik, TNI dan Polri untuk melaksanakan amanat amanah Undang-Undang, TAP MPR No. VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dengan melaksanakan tugas secara profesional, netral, dan tidak memihak pada salah satu pasangan calon. Oleh sebab itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal demokrasi demi masa depan negeri ini", Tutur Sofwan Ketua HMI Kota Bogor. 

Kami Keluarga Besar Cipayung Kota Bogor, yang merupakan bagian dari warga Negara Republik Indonesia melihat dan sangat amat merasakan situasi Bangsa yang sedang tidak baik-baik saja. Terutama dalam Demokrasi kita yang hari ini penuh dengan lika-liku, penuh intimidasi yang dialami dari berbagai kalangan, Pelanggaran Etik terus saja kembali terjadi dan terus berulang tanpa kepastian hukum yang bijaksana serta tanpa rasa malu, Aturan soal Netralitas diacuhkan sama sekali semata-mata aturan bukan jadi prioritas tertinggi dalam bernegara. Kegagalan berfikir yang dipertontonkan akan mengancam iklim Demokrasi kita yang susah payah di tegakan sejak Reformasi 98 dan rusaknya demokrasi pada akhirnya akan merusak kehidupan bangsa dan negara secara keseluruhan, untuk itu kami sebagai Keluarga Besar Cipayung Kota Bogor Mendoakan sekaligus Menyerukan :

1. Kami Keluarga Besar Cipayung Kota Bogor Mendoakan dengan penuh kekhusuan untuk keselamatan Bangsa dan Negara.

2. ⁠Kami Keluarga Besar Cipayung Mendoakan Demokrasi yang mati agar hidup kembali seperti yang dicita-citakan.

3. ⁠Kami Keluarga Besar Cipayung Mendesak Jokowi Selaku Presiden menghentikan program dan menyalahgunakan fasilitas negara baik secara terang-terangan maupun terselubung dan menguntungkan salah satu Paslon.

4. ⁠Mendesak KPU RI sampai tingkatan Kota dan Kabupaten Untuk Bekerja Akuntabel dan Transparan di tengah krisis kepercayaan masyarakat pada proses pemilu 2024.

5. ⁠Kami Keluarga Besar Cipayung Kota Bogor Mendekas Bawaslu RI hingga Tingkat Kota dan Kabupaten untuk menjalankan tugas sebagaimana mestinya dan menindak Tegas Pelanggaran.

6. ⁠Kami Keluarga Besar Cipayung Kota Bogor Mendesak dan Meminta Pemerintah Kota Bogor beserta seluruh jajaran Forkopimda agar Tegak Lurus dan Bersikap Netral.

7. ⁠Kami Keluarga Besar Cipayung Kota Bogor Mengajak Seluruh Masyarakat Kota Bogor untuk berani bersikap melaporkan kecurangan pemilu 2024 ini.

Demikian Doa dan Seruan Kami, Semoga Tuhan yang maha kuasa selalu memberikan kesehatan dan keselamatan kepada kita semua, Amin YRA, Tutupnya. 


Sumber : (Sofwan Ketua HMI

Editor : Red

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close