Rabu, 01 Desember 2021

Mahasiswa Papua Yogyakarta Demo Mengenang Satu Desember Papua Merdeka



BOGOR, Berita-Indinesia.id - Para Mahasiswa asal Papua di Yogyakarta melakukan demonstrasi untuk memperingati hari yang diklaim sebagai kemerdekaan Papua Barat, pada Rabu (1/12/2021).

Aksi tersebut diikuti oleh Gabungan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI WP), Front Mahasiswa Nasional (FMN), Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) dan Cakrawala Muda Kerakyatan (CMK).


Mahasiswa Papua mengadakan demontrasi di berbagai daerah, diantaranya di Provinsi Papua dan Papua Barat, dan Kota Sorong. Menurut mereka, tanggal 1 Desember dinilai sebagai hari bersejarah, merujuk pada 1 Desember Tahun 1961, hari Kemerdekaan Papua Barat.

Demonstrasi yang diselenggarakan di lapangan terbuka ini diwarnai dengan atribut bendera Papua sebagai simbol bagi orang Papua, dengan diiringi syair "Hai Tanahku Papua".

Dalam aksinya, para mahasiswa mulai jalan kaki sambil orasi di depan asrama Kamasan Papua sampai terakhir di KM Yogykarta.

Pantauan awak media, pada akhir aksi terjadi bentrok antara kelompok Ormas Yogya dengan para Mahasiswa Papua. Mengetahui itu, pihak kemanan meminta Ormas tersebut untuk meninggalkan lokasi.

Pihak kemanan dari TNI-Polri terus berupaya untuk mengamankan situasi karena Ormas tersebut masih saja mencari cela konflik. Akhirnya, para Mahasiswa meninggalkan lokasi dengan pengawalan dari aparat keamanan.



Reporter: ( Niko Umpain )

Editor: Asim

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect