Rabu, 09 Maret 2022

Tenaga Kesehatan Puskesmas Waisai Kota, Gelar Sosialisasi 2 Program Nasional,Pembagian Obat Helmintiasis dan Filariasis



RAJA AMPAT, Berita-Indonesia.id - Dalam Rangka Melaksanakan Program Nasional kepada seluruh siswi- siswi di sekolah Dasar, di waisai kota kabupaten Raja Ampat. program Nasional usaha kesehatan sekolah (UKS) dilaksanakan di Sekolah Dasar SD Negri 02 waisai, Raja Ampat, dipimpin oleh,drg. . Putu Rany saonekawati ,Dan dr.ulima simatupang .didampingi bersama, Perawat: ata, ani kreiy, S. Kep, Wahyuningsih, Amd.Kep Marike dimara, S. Kep, Sanitarian, griece irianti. SKM, NS Marcly P promkes. 

Selanjutnya,drg. Putu Rany saonekawati ,menerangkan bahwa Indonesia masih banyak persoalan penyakit yang merupakan masalah kesehatan yang menimpa kesehatan masyarakat Indonesia, kita yang berada di daerah Indonesia Timur, khususnya di Kabupaten Raja Ampat, penyakit yang sering tertular menyerang lebih cepat diusia dini adalah penyakit kecacingan dan filariasis. Dirinya menyebutkan saat usai sosialisasi selesai yang dilaksanakan ruang kelas, SD Negri 02 waisai, Raja Ampat. Kepada Jurnalis Berita Indonesia pada hari Rabu, 09 maret 2022. WIT. 


Pihaknya mengakatan" Mulai dari hari kemarin kami melaksanakan pembagian obat cacing dan obat gigi bagi anak anak sekolah yang berada di setiap sekolah Dasar di waisai kota, Salah satunya di SD Neg.35 kimdores. pada hari kemarin, selasa, 08/03/2022. Sasaran-nya mulai dari usia TK satu maupun SD usia kelas 6,usia 12 tahun. Salah satu diantaranya adalah cacing perut yang ditularkan melalui tanah. Jelas Rany.

Puttu menyatakan “Cacingan ini dapat mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, gizi, kecerdasan dan produktifitas penderitanya sehingga secara ekonomi banyak menyebabkan kerugian. Karena menyebabkan kehilangan karbohidrat dan protein serta kehilangan darah, sehingga menurunkan kualitas sumber daya manusia, katanya. Dalam hasil sosialisasi pemberian obat cacing, dirinya mengungkapkan, hasil pemeriksaan feses (tinja) anak sekolah yang dilakukan pada anak-anak SD di sebagian wilayah di kabupaten Raja Ampat, Untuk itu diperlukan banyak upaya pencegahan bahaya dan kerugian yang lebih dari akibat kecacingan melalui sebuah upaya untuk memberikan obat melalui Program Nasional pada tahun 2022 ini, kepada semua anak yang berumur 1 sampai 12 tahun.

Adapun pemberian obat yaitu, untuk anak umur 1 – 5 tahun akan dilakukan di Posyandu setempat dengan bantuan kader, sedangkan untuk anak usia SD (kelas 1 – 6) obat cacing akan didistribusikan ke sekolah-sekolah. program ini namanya UKS, Usaha kesehatan Sekolah, program Nasional atau umum, di jadwalkan , setahun 2 kali untuk melakukan Sosialisasi Usaha kesehatan sekolah.tutup tutur Putu Rany. 



 Reporter: (Nikolas Umpain)

Editor: Red

Tags :

bm
Admin By: Berita Indonesia

Layanan Berita Indonesia, Transparan, Akurat, Cepat,.

Posting Komentar

Connect